Nama : Arvio Abe Suhendar
Kelas : 3IA06
NPM : 51419074
Rekayasa Perangkat Lunak 1
1. Dasar-dasar perancangan perangkat lunak !
Adalah proses penerjemahan dari kebutuhan menjadi perangkat lunak. Perancangan perangkat lunak bisa juga adalah disiplin manajerial dan teknik yang berkaitan dengan pembuatan dan pemeliharaan produk perangkat lunak secara sistematis, termasuk pengembangan dan modifikasi yang dilakukan pada waktu yang tepat dan dengan mempertimbangkan faktor biaya. Hasil dari perancangannnya adalah :
- Rancangan data yang memetakan model domain informasi pada saat analisis menjadi struktur data yang dibutuhkan untuk implementasi perangkat lunak.
- Rancangan arsitektural yang mendefinisikan hubungan dari komponen-komponen struktural utama dari program.
- Rancangan prosedural yang memetakan komponen-komponen struktural ke deskripsi prosedur perangkat lunak.
2. Kegiatan yang dilakukan pada tahap perancangan perangkat lunak !
Metode SDLC (System Development Life Cycle), Antara lain :
- Analisis dan definisi kebutuhan
- Perancangan sistem dan perangkat lunak
- Implementasi dan pengujian unit
- Integrasi dan pengujian sistem
- Operasi dan pemeliharaan
Metode Prototyping, antara lain :
- Pengumpulan kebutuhan
- Quick design
- Pembangunan prototype
- Evaluasi pelanggan (user)
Metode Waterfall, antara lain :
- Communication (Project Initiation & Requirements Gathering)
- Planning (Estimating, Scheduling, Tracking)
- Modelling (Analysis & Design)
- Construction (Code & Test)
- Deployment (Delivery, Support, Feedback)
Metode RAD (Rapid Application Development), antara lain :
- Rencana kebutuhan
- Desain sistem
- Implementasi
3. Tujuan dari prosedur perangkat lunak !
Antara lain :
- Memperbaiki kualitas produk perangkat lunak
- Meningkatkan produktivitas
- Memuaskan teknisi perangkat lunak
Komentar
Posting Komentar